7 Tips yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum keluar Negeri

Bepergian ke luar negeri memang menyenangkan. Apalagi kalau tujuannya untuk trip atau liburan. Sekarang ini pergi ke luar negeri juga begitu mudah seperti tiket pesawat yang begitu mudah didapatkan, sampai informasi mengenai detail perjalanan. Dengan kemudahan bepergian ke luar negeri seperti sekarang ini, siapa saja bisa pergi berlibur. Bahkan ada juga yang menawarkan trip murah dan terjangkau yang membuat siapa saja bisa berlibur ke luar negeri.

Meskipun sekarang mudah untuk pergi ke luar negeri, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti contoh bahasa dan budaya, dan juga masalah keamanan yang bisa dijadikan pertimbangan. Karena itu, ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan sebelum ke luar negeri. Berikut ini beberapa tips sebelum ke luar negeri.

1. Persiapkan Dokumen-dokumen Penting dan Lengkap

Hal pertama ini harus benar-benar diperhatikan karena dokumen pribadi sangat penting dan harus dibawa. Dokumen seperti KTP, paspor dan visa. KTP sebenarnya tidak terlalu penting, tapi setidaknya bisa menjadi bukti sebagai seorang warga Indonesia dan juga untuk keperluan check-in pesawat. Kemudian paspor juga harus dipersiapkan. Paspor ini bisa dibuat di kantor imigrasi terdekat.

Penting untuk diingat kalau pembuatan paspor lebih baik 3 bulan sebelum keberangkatan agar tidak terburu-buru. Paspor juga nantinya digunakan untuk booking pesawat. Selain paspor, visa juga harus dipersiapkan kalau negara tujuan tidak bebas visa. Pembuatan visa sendiri sebenarnya rumit. Jadi persiapkan jauh-jauh hari.

2. Pesan Tiket Dari Jauh Hari

Pesan tiket bila perlu beberapa bulan atau beberapa minggu sebelum keberangkatan agar tidak terburu-buru. Selain itu, bisa juga cari promo tiket murah ke luar negeri agar menghemat biaya dan bisa sedikit untuk simpanan nanti saat sudah sampai di negara tujuan. Biasanya tiket promo dijual online dan jarak waktu bisa sampai 6 bulan sebelum hari keberangkatan tiba.

3. Buat Detail Perjalanan

Detail perjalanan ditujukan agar perjalanan aman dan nyaman, dan juga agar lebih teratur. Sehingga nanti saat sudah sampai tujuan bisa mengatur jadwal dengan baik. Kapan harus pergi ke tempat A dan juga pergi ke tempat B dengan mengikuti detail perjalanan.

Di jaman serba internet, Anda bisa mendapatkan referensi berbagai tempat-tempat menarik di berbagai negara lewat travel blogger atau web lain. Carilah beberapa tempat menarik yang ada di tempat tujuan biar nanti di negara tujuan bisa langsung mengatur jadwal. Jangan lupa tempat wisata kuliner dan juga oleh-oleh.

4. Siapkan Uang Perjalanan Sesuai Kebutuhan

Setelah membuat detail perjalanan, jangan lupa untuk menyiapkan daftar pengeluaran agar keuangan bisa lebih diatur. Ingat juga bahwa mata uang di negara lain berbeda dari Indonesia. Jadi buat daftar sesuai dengan mata uang negara tujuan.

Buatlah daftar sesuai dengan keuangan sesuai dengan pengeluaran nanti. Jangan lupa juga persiapkan uang untuk kebutuhan mendadak. Sedikit tips jika ingin menukar uang, sebaiknya lewat money changer lokal. Kalau di bandara biasanya mahal. Jangan bawa rupiah ke luar negeri karena tidak akan berharga.

5. Menguasai Bahasa Inggris

Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting. Biasanya para turis menggunakan bahasa inggris jika sedang berada di luar negeri. Karena itu, bagi Anda yang hendak bepergian ke luar negeri setidaknya harus menguasai bahasa inggris. Tidak perlu terlalu mahir asal bisa berkomunikasi saja.

Tapi bagi Anda yang mungkin baru pertama ke luar negeri, mungkin negara tetangga bisa jadi pilihan pertama kalau Anda tidak menguasai bahasa inggris. Contohnya Malaysia yang menggunakan bahasa melayu yang tidak jauh berbeda dari bahasa Indonesia.

6. Persiapkan Akomodasi Dari Indonesia

Untuk urusan penginapan yang memang sangat penting, lebih baik pesan saat masih berada di Indonesia. Selain bisa mempersiapkan perjalanan dengan baik, biasanya memesan sebelum berangkat bisa lebih murah. Apalagi kalau ada promo bakal lebih murah lagi. Jadi daripada booking langsung di tempat yang pasti mahal, lebih baik persiapkan dulu sebelum berangkat.

7. Bawa Bekal Makanan Halal

Kalau Anda peri berlibur ke negara dimana Islam menjadi agama minoritas, biasanya Anda akan kesulitan menemukan makanan halal. Membawa makanan dari rumah seperti mie instan, abon, atau makanan lain yang bisa tahan lama. Jadi nanti kalau susah mendapatkan makanan halal sudah ada bekal. Tapi kalau negara tujuan yang mayoritas penduduknya Islam tidak akan sulit mendapatkan makanan halal. Sekarang pun sepertinya banyak yang menyediakan makanan halal meski negara tersebut bukan mayoritas Islam. Tapi tetap hati-hati dalam memilih makanan di luar negeri.

Itu saja beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum pergi ke luar negeri. Persiapkan dengan baik agar perjalanan nanti tidak terjadi masalah dan liburan akan lebih menyenangkan.